Minggu, 21 Maret 2010

Hewan Misterius dan Legendaris, Naga Laut Kini Ada di SeaWorld Indonesia!


Naga?...Sosok hewan besar berekor panjang yang terkenal di legenda Tiongkok dengan semburan apinya? Kamu akan segera menemukan jawabannya jika berkunjung ke SeaWorld Indonesia. Wahana pusat edukasi, konservasi dan rekreasi, ini kembali menambah koleksi biota laut terbarunya yang unik dan misterius yaitu Sea Dragon. Biota tersebut sudah dapat dilihat oleh masyarakat luas mulai Sabtu, 8 Juli 2006 lalu. Sebelumnya SeaWorld telah memperkenalkan biota duyung dengan kebiasaannya minum susu pada Maret 2006.

Seperti apa makluk misterius yang menjadi legenda negeri Tiongkok ini? Ada baiknya kamu simak dulu asal-usul hewan unik ini. Sea Dragon merupakan biota yang hanya dapat ditemui di perairan selatan Australia. Sea Dragon ada dua jenis yaitu Weedy Sea Dragon (Phylloptery taeniolatus), dan Leafy Sea Dragon (Phycodurus eques). Kedua jenis Sea Dragon ini dapat tumbuh mencapai panjang 45 cm. Dengan bentuk badan dan warna tubuh yang dapat berubah pada bagian depan tubuhnya dan rumbai–rumbai di tubuhnya bak daun merupakan cara utamanya untuk berkamuflase dan menghindar dari predator mereka.

Karena hidupnya pada suhu sekitar 15o C, untuk dapat menampilkan di SeaWorld Indonesia diperlukan peralatan dan keahlian khusus. Keberhasilan menampilkan Sea Dragon ini merupakan kebanggaan dan sekaligus tantangan untuk dapat mengadakan berbagai biota yang lain untuk masyarakat.

Pada kesempatan kali ini SeaWorld Indonesia akan menampilkan Sea Dragon dari jenis Weedy, sedangkan jenis yang ke dua yaitu Leafy akan ditampilkan dalam waktu dekat. Dengan menampilkan sea dragon pada masyarakat merupakan upaya SeaWorld Indonesia untuk mengenalkan dan memperlihatkan akan keanekaragaman biota laut serasa berharap agar laut yang indah dan beraneka ragam biota ini dapat dilestarikan dengan peran serta semua pihak termasuk kita.

Naga laut yang berada di Australia Selatan, bukan berasal dari legenda ataupun mitos, tetapi berasal dari bentuknya yang menyerupai seekor naga dengan segala asesorisnya yang menghiasi tubuh ikan yang elok ini.

Naga laut memakan udang-udang kecil dan ikan-ikan kecil. Hidupnya di daerah ganggang laut (kelp) dimana ia tidak terlihat oleh pemangsanya. Rumbai-rumbai yang menghiasi tubuhnya adalah perpanjangan dari kulitnya, warnanya disesuaikan dengan lingkungannya mulai dari hujan, kuning, merah. Berenangnya tidak cepat, dengan mengerakkan sirip punggung dan sirip pektoralnya untuk melaju ke kanan, samping dan bahkan kebelakang. Betinanya bertelur dan akan ditempelkan pada bagian bawah ekor sang jantan.

Naga laut terdiri dari 3 jenis, dimana 2 jenis ditemukan di Australia bagian selatan, yaitu Weedy Sea Dragon dan Leafly SeaDragon dan 1 lagi ditemukan di barat daya australia hingga NTB yaitu Ribbon Sea Dragon. Penasaran ingin lihat aslinya, datang saja ke SeaWorld Indonesia di Ancol Jakarta!!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Gambar game ayodance

Gambar game ayodance
Ayodance Avatar Legend Couple

Gambar Game Ayodance Avatar Lv 99

Gambar Game Ayodance Avatar Lv 99
ini avatar cowo lv 99 di Game ayodance

Gambar Game Ayodance Avatar Lv 99

Gambar Game Ayodance Avatar Lv 99
ini Char Cewe d Game Ayodance Lv 99

Followers

 

Agung Blog. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com